3 Makanan Pengganti Nasi Yang Baik dan Sehat Saat Diet

3 Makanan Pengganti Nasi Yang Baik dan Sehat Saat Diet – Sejak kecil orang Indonesia umumnya selalu mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Meskipun nasi mempunyai karbohidrat yang bagus untuk memenuhi kebutuhan asupan tubuh tetapi ada juga makanan pengganti nasi yang juga baik dan sehat bahkan bisa menjadi alternatif saat diet nasi putih.

Tidak banyak orang tau bahwa nasi putih memiliki Indeks Glikemik sekitar 88 hingga 89. Dengan ini bisa disimpulkan bahwa nasi putih tidak baik dikonsumsi berlebih oleh seseorang. Indeks Glikemik yang baik ini berada pada angka 70 sedangkan bula indeks Glikemik berada diangka 55 atau kurang maka masuk kategori rendah.

Baca Juga : Alat Pengukur Kadar Air

Nasi putih yang dikonsumsi secara berlebih secara terus menerus bisa meningkatkan resiko Obesitas (berat badan berlebih) hingga Diabetes. Jadi tidak heran jika para penderita Obesitas dan Diabetes dianjurkan mengurangi bahkan sampai harus diet nasi putih.

Menu Makanan Pengganti Nasi – Singkong

Singkong mempunyai indeks Glikemik 55 yang baik sebagai penngganti nasi. Pada zaman dahulu banyak orang yang makan singkong sebagai pengganti nasi putih. Jika singkong akan digunakan sebagai makanan diet nasi, cukup dengan direbus saja jangan digoreng dalam minyak. Makanan lain yang terbuat dari singkong adalah tiwul, sredek, gethuk, cetot dan lain sebagainya.

Menu Makanan Pengganti Nasi – Talas

Indeks Glikemik pada talas hanya sekitar 54 saja jadi aman dikonsumsi karena tidak melebihi batas tinggi indeks Glikemik yaitu lebih dari 70. Mengkonsumsi talas yang direbus juga baik sebagai makanan pengganti saat melakukan diet nasi putih. Kandungan nutrisi pada talas juga tidak kalah dengan nasi, mempunyai kandungan nutrisi yang seimbang dan lengkap.

Menu Makanan Pengganti Nasi – Jagung

Jagung merupakan hasil pertanian yang cukup populer di Indonesia. Indeks Glikemik pada jagung hanya 55-60 jadi bisa aman digunakan sebagai makanan pengganti saat diet nasi. Apabila ingin digunakan sebagai menu diet, jagung dapat direbus, dikukus atau dijadikan nasi jagung. Pada jagung terdapat antioksidan, serat, vitamin B, mineral dan fruktosa pada jagung sangat baik dikonsumsi oleh tubuh.

Tidak hanya jagung, talas dan singkong yang dapat dijadikan makanan pengganti yang menyehatkan dan dapat digunakan sebagai makanan pengganti saat diet nasi. Namun jagung, talas dan singkong adalah makanan yang umum dan mudah untuk didapatkan, Anda bisa mendapatkannya di pasar tradisional.