Hal-hal yang Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Pasti Anda selalu memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini dan mengharapkan buah hati Anda menjadi cerdas bukan? Memang setiap orang tua begitu menginginkan buah hatinya menjadi cerdas.

perkembangan otak anak usia dini
perkembangan otak anak

Sayangnya, tidak jarang banyak orang tua yang kebingungan memahami cara yang tepat untuk membimbing anak menjadi anak yang cerdas. Sebelum mencari informasi tentang bagaimana agar buah hati Anda cerdas tidak ada salahnya Anda memahami jika anak mempunyai kecerdasan yang berbeda.

 

Jangan pernah memojokkan anak dengan berbagai macam omelan hanya karena ia tidak mempunyai kecerdasan yang sama dengan anak lain.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu perkembangan otak anak. Pertama, beri ia ASI eksklusif. Jangan mudah menyerah saat memberi ASI eksklusif. Terdapat penelitian yang menunjukkan jika ternyata memberi ASI eksklusif ke bayi bisa meningkatkan perkembangan otak anak yang mencapai 30%.

Bahkan penelitian yang dilakukan di anak usia 2 tahun menunjukan bila bayi yang diberi ASI bulan akan mengalami perkembangan otak yang cenderung lebih baik bila dibandingkan dengan mereka yang tidak diberi ASI.

Cara kedua untuk membantu kecerdasan pertumbuhan serta perkembangan anak usia dini ialah membacakan buku untuk buah hati Anda. jangan beranggapan jika membacakan anak bayi buku adalah hal yang percuma. Walaupun buah hati Anda belum bisa membaca atau belum mengerti, membacakan buku semenjak ia bayi bisa membantu perkembangan otak.

Anak akan mempunyai kosa kata yang banyak bahkan kemampuan mengingat serta mendengarkan yang baik. Bahkan, karena membacakan cerita semenjak ia lahir, anak akan lebih mencintai buku. Anda tidak perlu membacakan cerita yang panjang, cukup beberapa menit saja sebelum ia tidur.

Ketiga, ajak ia berbicara. Memang, bayi belum dapat berbicara dengan jelas, namun anak bisa mengerti apa yang Anda bicarakan, walaupun hanya mengajak bicara secara umum, ajak bicara ia untuk dapat memancingnya menanggapi apa yang Anda bicarakan.

Kemampuan bicara sejak kecil bisa mengembangkan kemampuan membaca, interpersonal, menulis di kemudian harinya. Memulai berkomunikasi semenjak dini juga begitu penting serta memiliki tujuan agar buah hati Anda menjadi cerdas.

Terakhir, kenal kan ia musik semenjak dini. Sebuah studi menuturkan jika anak yang berusia 5 tahun yang gemar mendengarkan musik, hal tersebut bisa meningkatkan kreatifitasnya dan meningkatkan kemampuan ketika melakukan tes kognitif.

Studi yang lain pun menunjukkan dengan usia dua bulan, bayi bisa mengingat melodi yang singkat, dan janin yang berusia 35 minggu bisa mengingat berbagai macam suara dan bisa membedakannya.

Dengan melakukan hal-hal di atas pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini bisa dilakukan dengan optimal, selain itu jangan lupa beri anak gizi yang seimbang. Anda bisa memberikan gizi premium seperti Wyeth.