TERNYATA! Inilah Manfaat dan Bahaya Kafein Dalam Kopi Bagi Kesehatan

Ketika orang-orang mulai bangun di pagi hari, sebagian dari mereka memilih mengkonsumsi secangkir kopi berkafein untuk memulai aktivitas kerja. Menurut Organisasi Kopi Internasional, sekitar 1,6 cangkir kopi dikonsumsi oleh masyarakat dunia setiap harinya.

Menurut penelitian dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, jumlah rata-rata kafein yang dikonsumsi masyarakat AS sekitar 300mg per orang per hari.

Baca Juga : Peninggi Badan Tiens

Jumlah itu setara dengan 2 atau 4 cangkir kopi.

Konsumsi kafein ini termasuk dalam tingkat sedang. Dan menurut banyak penelitian dapat menimbulkan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh.

Tapi disisi lain, ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa mengkonsumsi satu atau dua cangkir kopi setiap hari bisa berdampak buruk pada tubuh kita.

Jadi manakah yang benar? penelitian mana yang bisa kita percaya? Berikut ini ulasan tentang Manfaat dan Bahaya mengkonsumsi kafein dalam kopi bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kafein Kopi Bagi Kesehatan

TERNYATA! Inilah Manfaat dan Bahaya Kafein Dalam Kopi Bagi Kesehatan

Kafein adalah stimulan alami, dan bahan utama kopi adalah kafein. Kafein bertindak sebagai stimulan dengan mengaktifkan sistem saraf pusat dan bisa melawan rasa lelah serta meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Kafein bisa menimbulkan efek positif bagi otak. Sebuah penelitian dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa mengkonsumsi dua sampai empat cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi resiko bunuh diri pada orang dewasa.

Sementara itu satu penelitian yang lebih baru menemukan bahwa mengkonsumsi 200mg kafein setiap hari dapat meningkatkan ingatan jangka panjang. Selain itu, beberapa penelitian yang lain menyatakan mengkonsumsi kafein bisa mengurangi resiko kanker hati, mengurangi resiko serangan kanker mulut dan tenggorokan.

Selain itu kafein juga dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit diabetes tipe-2, penyakit parkinson dan penyakit kardiovaskular serta stroke.

Bahaya Kafein Kopi Bagi Kesehatan

 

Selain dampak baik bagi kesehatan, ternyata kafein juga memiliki dampak buruk.

Mengkonsumsi lebih dari 500mg kafein perhari dapat menyebabkan insomnia, gugup, gelisah, mudah tersinggung, sakit perut, detak jantung menjadi cepat dan bahkan membuat otot bergetar.

Selain itu, Medical News Today melaporkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi 300mg kafein sehari selama kehamilan dapat meningkatkan resiko kelahiran bayi dengan berat lahir yang rendah, sementara itu penelitian lain menunjukkan bahwa minum empat cangkir sehari dapat meningkatkan resiko kematian dini.

Itulah manfaat dan bahaya mengkonsumsi kafein dalam kopi bagi kesehatan. Semua yang kita konsumsi pasti memiliki efek baik dan buruk bagi kesehatan.

Selama kita mengkonsumsi makanan dan minuman sehat sesuai porsi yang benar, maka bahaya yang akan muncul juga akan semakin berkurang.

Sebenarnya sumber kafein bukan hanya berasal dari kopi saja. Bisa berasal dari berbagai sumber makanan dan minuman lain.

Hanya saja kopilah yang memiliki kadar kafein paling tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat ya gan.